Hal-Hal yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Motor Secara Tunai dan Kredit

Banyak orang yang menjadikan sepeda motor sebagai kendaraan utama untuk mendukung berbagai aktivitas dan pekerjaan sehari-hari sehingga lebih mudah berpergian. Terlebih lagi harga motor juga lebih murah dibandingkan mobil. Namun bagi sebagian orang yang dananya tidak cukup untuk pembelian tunai lebih memilih membeli secara kredit.

Membeli motor secara kredit tidaklah sulit karena saat ini sudah banyak perusahaan dealer dan leasing yang memberikan penawaran menarik serta memiliki syarat yang mudah dengan tenor yang bervariasi. Namun anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli motor secara kredit karena biaya yang harus dibayarkan berbeda dari tunai dan biasanya lebih mahal karena dikenakan bunga.

Kebutuhan Akan Sebuah Motor

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum beli motor yaitu tujuan mengapa anda ingin membeli motor. Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli sebuah motor yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Di luar sana, ada banyak sekali orang yang memaksakan diri membeli motor mahal dan besar hanya karena masalah gengsi dan agar terlihat keren.

Meskipun sebenarnya mereka kesulitan dan juga tidak nyaman untuk mengendarainya setiap hari ke tempat kerja. Misalnya anda memerlukan motor untuk antar jemput anak ke sekolah atau untuk ke kantor setiap hari, anda hanya perlu motor matic daripada motor besar dengan harga yang lebih mahal. Pastikan anda memilih motor yang tepat dan nyaman untuk anda kendarai.

Ketersediaan Dana Untuk Membeli Motor

Apapun jenis dan juga merk motor pilihan anda, tetap harus disesuaikan dengan kondisi keuangan anda, baik itu ketika anda membeli motor secara kredit ataupun tunai. Membeli sebuah motor di luar kemampuan keuangan, hanya akan membuat anda mengalami kesulitan keuangan, dan bahkan bisa membuat anda mengalami gagal bayar jika anda membelinya secara kredit. Jangan pernah memilih sebuah motor yang harganya di luar kemampuan keuangan anda.

Anggaran Keuangan di Luar Pembelian Motor

Sebaiknya anda memperhatikan rencana keuangan di masa yang akan datang, jangan sampai saat membeli motor malah akan mengganggu rencana keuangan yang sebelumnya sudah tersusun dengan baik. Misalnya anda sudah mengumpulkan modal untuk menjalankan bisnis dan apabila anda menggunakan keseluruhan uang untuk membeli motor secara tunai maka bisnis harus ditunda. Untuk itu anda bisa membeli motor secara kredit sehingga bisnis dapat tetap berjalan di waktu bersamaan.

Namun dalam pembelian kredit, anda juga akan diwajibkan untuk membayar sejumlah cicilan setiap bulannya, dan hal ini akan mempengaruhi pos pengeluaran dalam kurun waktu yang cukup lama. Pembelian kredit juga akan mempengaruhi berbagai rencana di dalam keuangan anda di masa yang akan datang, karena itu selalu lakukan perhitungan awal dan juga pertimbangan yang matang.

Biaya Tambahan Untuk Pembelian Motor

Apabila anda memutuskan membeli motor secara kredit maka anda harus siap membayar cicilan setiap bulannya beserta bunganya dengan tepat waktu. Keterlambatan pembayaran cicilan akan dikenakan biaya tambahan berupa denda keterlambatan.

Belum lagi jika anda harus membayar biaya admin atau biaya-biaya lainnya. Masalah biaya tambahan dialami jika anda membeli motor secara tunai. Anda tidak perlu direpotkan dengan segala biaya yang menambah beban pengeluaran setiap bulannya. Namun membeli motor secara tunai artinya anda harus menyiapkan dana terlebih dahulu di awal yang jumlahnya cukup besar.

Setelah menentukan pilihan, anda bisa mengunjungi Moladin di https://moladin.com/motor untuk melakukan pembelian motor baik secara tunai ataupun kredit. Jangan khawatir karena Moladin sudah terjamin aman dan banyak yang sudah melakukan pembelian di Moladin. Terlebih lagi banyak penawaran menarik yang diberikan serta proses yang mudah dan cepat.