Jadwal Imunisasi Bayi yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai orang tua, Anda ingin melakukan apa saja untuk melindungi anak Anda dan menjaga mereka tetap aman dan sehat. Vaksin atau imunisasi adalah cara penting untuk melakukan itu. Mereka membantu melindungi anak Anda dari berbagai penyakit berbahaya.

Pentingnya vaksin untuk bayi dan balita

Untuk bayi baru lahir, ASI dapat membantu melindungi dari banyak penyakit. Namun, kekebalan ini hilang dalam waktu satu tahun, dan banyak anak tidak disusui sejak awal.

Apakah anak-anak diberi ASI atau tidak, vaksin dapat membantu melindungi mereka dari penyakit. Mereka juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dari anak kecil ke anak yang lebih besar dan orang dewasa.

Vaksin bekerja dengan meniru infeksi penyakit tertentu di tubuh anak Anda. Ini mendorong sistem kekebalan anak Anda untuk mengembangkan senjata yang disebut antibodi. Antibodi ini melawan penyakit yang ingin dicegah oleh vaksin. Dengan adanya antibodi, tubuh anak Anda dapat mengalahkan infeksi di masa depan dari penyakit ini.

Jadwal imunisasi bayi

Vaksinasi tidak diberikan setelah bayi lahir, karena memang pada kenyataannya vaksin atau imunisasi masing-masing diberikan pada timeline yang berbeda, yang umumnya akan diberikan dalam beberapa tahap atau dosis.

Untuk lebih jelas lagi mengenal jadwal imunisasi bayi, berikut kami sediakan tabel untuk memahami jadwal imunisasi atau vaksin untuk buah hati Anda, diantaranya adalah sebagai berikut”

  Lahir 2 Bulan 4 Bulan 6 Bulan 12 Bulan 15-18 Bulan 4-6 Thn
Hep B Dosis 1 Dosis 2 (1-2 bln) Dosis 3 (6–18 bulan)
RV Dosis 1 Dosis 2 Dosis 3 (Dlm beberapa kasus)
DTaP Dosis 1 Dosis 2 Dosis 3 Dosis 4 Dosis 5
Hib Dosis 1 Dosis 2 Dosisi 3 (Dlm beberapa kasus) Dosis penguat (12-15 bln)
PCV Dosis 1 Dosis 2 Dosis 3 Dosis 4 (12-15 bln)
IPV Dosis 1 Dosis 2 Dosis 3 (6-18 bln) Dosis 4
Influenza Vaksin tahunan Vaksin tahunan Vaksin tahunan Vaksin tahunan
MMR Dosisi 1 (12-15 bln) Dosis 2
Varicella Dosis 1 (12-15 bln) Dosis 2
Hep A 2 seri dosisi (12-24 bulan

Deskripsi vaksin

Berikut adalah hal-hal penting untuk diketahui tentang masing-masing vaksin atau imunisasi yang sudah kami sebutkan di atas, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • HepB melindungi terhadap hepatitis B (infeksi hati). HepB diberikan dalam tiga tembakan. Bidikan pertama diberikan pada saat kelahiran.
  • RV melindungi terhadap rotavirus, penyebab utama diare. RV diberikan dalam dua atau tiga dosis, tergantung pada vaksin yang digunakan.
  • DTaP melindungi terhadap difteri, tetanus, dan pertusis (batuk rejan). Ini membutuhkan lima dosis selama masa bayi dan anak-anak. Booster DTaP kemudian diberikan selama masa remaja dan dewasa.
  • Hib melindungi dari Haemophilus influenzae tipe b.
  • PCV melindungi terhadap penyakit pneumokokus, termasuk pneumonia. PCV diberikan dalam serangkaian empat dosis.
  • IPV melindungi terhadap polio dan diberikan dalam empat dosis.
  • Influenza (flu) melindungi terhadap flu. Ini adalah vaksin musiman yang diberikan setiap tahun.
  • MMR melindungi terhadap campak, gondong, dan rubella (campak Jerman). MMR diberikan dalam dua dosis.
  • Varicella melindungi terhadap cacar air. Varicella direkomendasikan untuk semua anak yang sehat. Itu diberikan dalam dua dosis.
  • HepA melindungi terhadap hepatitis A. Ini diberikan sebagai dua dosis antara usia 1 dan 2 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *